Categories
Berita Opini

5 Tips Investasi Emas Bagi Pemula: Cermat Memilih Jenis dan Distributor

Investasi emas akan selalu menjadi primadona masyarakat karena nilainya cenderung naik setiap tahunnya. Selama masa pandemi, harga emas bahkan sempat menyentuh Rp 1.000.000 per gramnya.

Emas juga merupakan instrumen investasi yang relatif kebal inflasi, sehingga cocok untuk dijadikan tabungan dalam jangka panjang. Akan tetapi, meskipun investasi emas tergolong mudah dan aman, investor tetap tak bisa sembarangan.

Dikutip Portal Probolinggo dari laman Sahabat Pegadaian, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum berinvestasi emas, khususnya bagi investor pemula.

  1. Pilihlah emas batangan dengan kemurnian 24 karat dan memiliki sertifikat resmi.
  2. Pastikan kredibilitas perusahaan pembuat emas. Pastikan perusaan itu legal dan emas yang diproduksi memiliki sertifikat.
  3. Cermatlah memilih distributor. Jika memilih membeli emas pada toko emas, pastikan toko emas tersebut telah teregistrasi. Begitu pula bila memilih membeli emas pada toko online, pastikan toko online tersebut legal dan terpercaya.
  4. Rekomendasi ukuran emas yang cukup likuid adalah seberat 10 hingga 25 gram. Emas dengan ukuran ini cukup mudah untuk dijual kembali.
  5. Anda dapat memilih berbagai merk dan jenis emas batangan untuk investasi. Di Indonesia ada beberapa jenis emas yang tersedia, yakni:

a. Antam

Emas Antam merupakan logam mulai yang diproduksi PT Aneka Tambang (Antam). Emas ini memiliki karakter khusus sehingga sangat sulit dipalsukan.

Ukuran emas Antam yang populer untuk dijadikan pilihan investasi adalah seberat 5 gram, 10 gram, 50 gram, dan 100 gram.

b. UBS

Emas UBS diproduksi oleh perusahaan PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) yang berdiri sejak 1984. Emas UBS memiliki beragam jenis merk perhiasan, yakni Starshine, EG, Kasandra, Venus, dan Basic Chain.

c. Lotus Archi

Lotus Archi diproduksi oleh perusahaan Lotus Lingga Pratama (LLP) yang berdiri sejak tahun 1975. Perusahaan ini merupakan anggota resmi World Gold Council dan Asosiasi Pengusaha Emas dan Permata Indonesia (APEPI).

Emas batangan Lotus Archi memiliki kadar terpercaya dan kemurnian tertinggi 99,99%. Setiap emas batangan Lotus Archi juga dilengkapi dengan sertifikat khusus.

d. Galeri24

Galeri24 merupakan anak perusahaan PT Pegadaian (Persero) yang bergerak di bidang jual beli emas baik perhiasan maupun emas batangan.

Galeri24 juga memiliki berbagai jenis emas batangan yang kadarnya 24 karat dalam berbagai seri serta ukuran. Untuk mendapatkan emas dari Galeri24, cukup datangi cabang Pegadaian terdekat.

Baca juga: Emas Antam vs Emas UBS, Pilih Mana?

Itulah beberapa tips yang perlu diketahui investor pemula sebelum berinvestasi dalam bentuk emas. Bila ingin cara mudah dan murah, Anda dapat membeli emas melalui skema cicilan dari 3 hingga 36 bulan di Pegadaian.

Sumber: Portal Probolinggo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *