Categories
Berita Opini

Akankah Harga Emas Terus Turun di Minggu Ini?

BAGIKAN:
Grafik harga emas mingguan dengan indikator MACD

Jakarta – Harga emas spot turun pada akhir pekan kemarin dan berada di level US$1.701 per troy ons, turun mendekati level terendah dalam 9 bulan terakhir sejak bulan Juni 2020.

Sentimen yang menyeret harga emas datang dari penguatan dolar Amerika Serikat dan yield US Treasury yang perkasa usai pidato Ketua Federal Reserve Jerome Powell. Kenaikan yield US Treasury menyebabkan investor bisa melirik instrumen tersebut daripada membeli emas.

Harga emas sekali lagi berada di bawah tekanan karena imbal hasil riil telah melonjak menyusul kekecewaan pasar atas komentar Ketua Fed Powell. Harga telah turun di bawah US$1.700 per ons troi dan sedang menguji level support berikutnya di US$1.689 per ons troi meskipun emas secara teknis oversold.

Baca juga: Harga Emas Turun, Saatnya Beli?

Pergerakan harga emas yang cukup signifikan tersebut juga didukung oleh keputusan Presiden Joe Biden yang merespon positif langkah Senat menyetujui paket stimulus penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi senilai US$1.9 triliun pada hari Sabtu 6/3/2021 waktu setempat.

Berdasarkan gambar di atas dengan menggunakan indikator MACD (Moving Average Convergence/Divergence atau rata-rata pergerakan konverjensi/perbedaan), menunjukan bahwa emas masih akan menunjukan penurunan di minggu ini.

Walaupun sudah mulai menunjukan titik jenuh jual, tetapi masih menunjukan indikasi strong sell, dilihat dari pergerakan moving average jangka panjang dan pendek yang belum mencapai titik balik dan volume sentimen pasar yang masih menunjukan indikasi penurunan sentimen pasar terhadap komoditi emas.

Penurunan harga emas tersebut juga didukung oleh kenaikan indeks dolar yang kini berada di level tertingginya dalam tiga bulan terakhir, kenaikan imbal hasil obligasi juga menjadi salah satu faktor yang cukup mempengaruhi pergerakan harga pada komoditi emas ini.

Maklum komoditi emas merupakan aset yang tidak memberikan imbal hasil apapun, sangat berbeda dengan saham yang membagikan hasil deviden dan obligasi yang memberikan kupon.

Jadi, apakah Anda sudah terbayang akan melakukan action transaksi harian, jangka menengah dan jangka panjang pada komoditi emas? Selalu disiplin dan membaca arah pasar dengan baik maka hasil yang didapat akan selalu baik juga.

Sumber: Investing

BAGIKAN:

One reply on “Akankah Harga Emas Terus Turun di Minggu Ini?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *