Categories
Berita

AS-China Semakin Tegang, Emas Dunia Meroket

Mengawali pekan ini, harga emas dunia meroket ke level tertinggi sejak 12 Oktober 2012 seiring semakin memburuknya hubungan antara Amerika dan China, dan ditambah lagi dengan hasil rilis data-data ekonomi di AS yang sangat buruk pekan lalu.

Emas spot terpantau naik 0,9% ke level $1.756 per ounce setelah sempat memuncak di level $1.759 yang merupakan rekor tertinggi emas sejak tanggal 12 Oktober 2012.

Ketegangan yang terjadi antara Amerika Serikat dan China dalam beberapa pekan terakhir memasuki babak baru yang semakin serius. Presiden Donald Trump bahkan meyampaikan bahwa beliau tidak berminat untuk saat ini menjalin komunikasi dengan Presiden Xi Jinping. Trump malah mengancam akan memutuskan hubungan dengan negeri tirai bambu tersebut.

Dikutip HargaEmas.com dari situs Reuters, Presiden Trump pada hari Sabtu (16/5/2020) kemarin memperpanjang larangan bagi perusahaan di AS untuk menggunakan chip yang diproduksi oleh Huawei dan ZTE yang notabene merupakan perusahaan semikonduktor asal China. Lebih lanjut, perusahaan lokal dan asing yang berada di AS juga dilarang memasok chip ke Huawei.

Larangan ini langsung mendapat reaksi keras dari Beijing yang mengatakan bahwa pemerintah China akan melakukan segalanya untuk melindungi hak-hak perusahaan asal China. China bahkan mengancam akan memasukkan perusahaan-perusahaan ternama asal AS seperti Apple, Qualcomm dan Cisco ke dalam daftar “Unreliable Entity List” (daftar perusahaan yang tidak dapat dipercaya).

Sementara itu, data-data ekonomi yang dirilis pekan lalu tidak ada yang menggembirakan. Mulai dari klaim pengangguran sebanyak 2,98 juta orang dinilai masih terlalu tinggi dari perkiraan 2,5 juta orang. Kemudian, laporan penjualan ritel yang anjlok 16,4% mencatat rekor penurunan penjualan ritel yang terbesar dlam sejarah.

Hal-hal inilah yang menguntungkan emas karena statusnya sebagai safe haven di mana emas dilihat sebagai pelindung nilai terhadap inflasi dan mata uang yang sangat aman di tengah ketidakpastian ekonomi dan politik global.

Untuk pergerakan harga emas minggu ini, emas akan menguji level resisten terdekat di $1.764. Apabila angka $1.764 dapat ditembus maka emas akan melanjutkan penguatan ke $1.788. Sementara itu, level support emas berada di $1.735 dan kemudian level $1.725.

One reply on “AS-China Semakin Tegang, Emas Dunia Meroket”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *