Categories
Berita

Awas! Harga Emas Diramal Bergerak Naik Turun Tajam Bak Roller Coaster

Jika melihat grafik harga emas dalam sebulan terakhir, sebagian investor mulai agak was-was ketika ingin mengambil posisi entah itu menambah atau mengurangi investasinya di instrumen emas.

Alasannya cukup berdasar, yakni pergerakan harga emas saat ini sangat volatil atau naik turun tajam bagaikan roller coaster.

Nah, tren pergerakan dengan volatilitas tinggi ini diprediksi masih akan berlanjut pada pekan ini.

Di pasar spot, emas dapat bergerak naik atau turun dalam rentan harga $50 dalam seharinya. Demikian pula dengan harga emas Antam yang setiap pagi dipublikasikan.

Pada saat sebelum pandemi Covid-19, pergerakan emas Antam kadang naik atau turun sebesar Rp 2.000 – Rp 4.000 dalam sehari. Tetapi kini, kenaikan atau penurunan sebesar Rp 10.000 bahkan Rp 30.000 sudah biasa kita saksikan berkali-kali dalam sebulan terakhir.

Untuk itu, investor diminta untuk lebih berhati-hati ketika berinvestasi di instrumen emas. Terutama bagi Anda yang trading emas. Setiap kali ada berita yang keluar entah itu berita bagus atau buruk, emas langsung bereaksi tajam.

Peter Hug, Direktur perdagangan global di Kitco Metals, memberikan saran bagi Anda investor maupun trader emas mengenai bagaimana Anda menghadapi pergerakan roller coaster ini.

Bagi Anda dengan tipe investor, Peter menyarankan Anda untuk tidak panik. Hilangkan emosi Anda, serta tetap mempertahankan emas sebagai bagian dari portofolio Anda.

Sementara bagi Anda dengan tipe trader, tentu akan sangat sulit untuk melakukan trading karena harga dapat naik atau turun tajam. Adalah sangat sulit untuk menempatkan Stop Loss ketika harga emas bergerak bagai roller coaster setiap harinya.

Peter menyarankan trader untuk memiliki modal yang cukup guna memenuhi margin call.

Sebagai penutup, Peter memprediksi harga emas pada pekan ini akan mencoba menguji kembali level $2.000 per troy ons nya. Apabila level ini berhasil ditembus, maka ini akan menjadi trigger bagi pergerakan selanjutnya yang lebih besar.

2 replies on “Awas! Harga Emas Diramal Bergerak Naik Turun Tajam Bak Roller Coaster”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *