Categories
Berita Opini

Diramal Bersinar Pekan Ini, Cek Dulu Harga Emas di Pegadaian

BAGIKAN:
Pegawai Pegadaian memperlihatkan emas batangan Antam

Jakarta – Harga emas acuan di Pegadaian stagnan pada perdagangan Senin (12/7/2021), meski demikian harga emas dunia yang diramal akan naik di tahun ini bisa menjadi kabar bagus.

Harga emas dunia merupakan salah satu acuan harga logam mulia di dalam negeri, selain ada faktor nilai tukar rupiah serta supply-demand.

Hasil survei mingguan yang dilakukan Kitco juga menunjukkan di pekan ini emas dunia akan kembali menguat, yang tentunya bisa mengerek emas Antam.

Dari 16 analis Wall Street yang disurvei, sebanyak 12 orang atau 75% memberikan proyeksi bullish (tren naik), 2 orang memberikan proyeksi bearish (tren turun) dan sisanya netral.

Sementara itu survei yang dilakukan terhadap pelaku pasar atau yang disebut Main Street, dari 902 partisipan, sebanyak 61% memberikan proyeksi bullish, 20% bearish, dan sisanya netral.

Banyaknya analis dan pelaku pasar yang memprediksi emas dunia akan di pekan ini bisa mengerek harga emas di Pegadaian seandainya prediksi tersebut jadi nyata.

Pada hari ini, harga jual emas acuan di Pegadaian sebesar Rp 886.000/gram, sama dengan harga pada Sabtu pekan lalu. Begitu juga harga beli, juga stagnan di Rp 859.000/batang.

Sementara itu untuk emas batangan, Pegadaian menjual 3 jenis emas Antam dan emas UBS. Emas Antam jenis standar tersedia mulai satuan 0,5 gram hingga 1.000 gram. Satuan 0,5 gram hari ini dijual Rp 554.000/batang.

Kemudian ada emas Antam retro, harganya lebih murah ketimbang emas Antam standar. Emas batangan ini merupakan emas kemasan lama dimana emas dan sertifikatnya terpisah. Emas Antam retro terakhir kali diproduksi pada tahun 2018. Satuan 0,5 gram dijual Rp 507.000/batang.

Ada lagi emas Antam batik, emas paling mahal ketimbang semua yang dijual Pegadaian. Satuan 0,5 gram dijual Rp 620.000/batang.

Terakhir emas UBS, yang saat ini menjadi emas paling murah. Satuan 0,5 gram dijual Rp 506.000/batang. Emas ini tersedia mulai satuan 0,5 gram hingga 1.000 gram.

Sumber: CNBC

BAGIKAN:

One reply on “Diramal Bersinar Pekan Ini, Cek Dulu Harga Emas di Pegadaian”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *