Categories
Opini

Emas Antam vs Emas UBS, Pilih Mana?

Emas Antam vs Emas UBS

Bagi kalian yang ingin berinvestasi emas batangan, setidaknya ada pilihan 2 merek emas batangan yang terkenal di Indonesia, yakni emas Antam dan emas UBS. Nah, kali ini kami akan mengulas kedua emas tersebut dari 7 aspek, yaitu perusahaan yang memproduksi, kadar emas, pecahan yang dicetak, dimensi, sertifikat, kemasan dan harga. Harapannya, setelah membaca ketujuh aspek tersebut, kalian dapat mengambil kesimpulan untuk membeli emas batangan yang mana yang cocok untuk dijadikan investasi masa depan kalian.

DAFTAR ISI
1. Perusahaan
2. Kadar emas
3. Pecahan
4. Dimensi
5. Sertifikat
6. Kemasan
7. Harga

1. Perusahaan yang memproduksi

Pembahasan mengenai perbedaan antara emas Antam dan emas UBS ini kita mulai dari namanya terlebih dahulu, karena dari namanya saja kita langsung dapat menebak siapa perusahaan yang berada di belakang kedua emas ini.

Emas Antam diproduksi oleh PT Aneka Tambang (ANTAM), sebuah perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang mempunyai tambang emas sendiri, dan juga pabrik sendiri yang melakukan pengolahan dan pemurnian emas, perak dan platinum.

Sementara itu, emas UBS diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera (UBS), sebuah perusahaan swasta di Surabaya yang berdiri sejak tahun 1981 (39 tahun yang lalu) dan yang telah memproduksi logam mulia dan perhiasan emas yang sukses dijual di pasar Nasional dan Internasional.

2. Kadar emas

Kadar emas merupakan satuan tingkat kemurnian emas yang diukur berdasarkan jumlah kandungan emas murni dalam suatu massa logam. Untuk kategori kadar emas, baik emas Antam maupun emas UBS kedua-duanya memiliki kadar emas yang sama yakni 99,99%.

Sekedar untuk diketahui, persentase kemurnian emas dinyatakan dalam satuan karat, di mana 1 karat itu setara dengan 4,1666%. Jadi untuk mengkonversikan emas murni 24 karat ke satuan persentase, maka 24 dikali 4,1666% dan hasilnya adalah 99,99%.

3. Pecahan yang dicetak

Seperti yang kami sudah bahas di artikel sebelumnya, PT Antam memproduksi emas batangan dalam berbagai pecahan, mulai dari 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram, 500 gram sampai pecahan terbesarnya 1.000 gram atau 1 kilo.

Sementara itu, pecahan yang diproduksi oleh PT UBS lebih dominan di pecahan kecil yaitu mulai dari 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram sampai 100 gram saja.

4. Dimensi (panjang x lebar x tebal)

Untuk membandingkan dimensi kedua emas ini, tentunya kita harus membandingkan kedua emas batangan yang mempunyai berat yang sama. Pecahan 5 gram misalnya yang kami letakkan di meja secara berdampingan. Nyata sekali bahwa emas Antam terlihat relatif lebih kecil dibanding emas UBS.

Kok bisa? Bukannya beratnya sama-sama 5 gram? Hal ini dikarenakan ukuran lebar dari emas Antam memang lebih kecil, akan tetapi emas Antam lebih tebal dibanding emas UBS yang lebih lebar namun lebih tipis untuk pecahan/berat yang sama.

5. Sertifikat

Segala informasi seperti berat emas, kode seri, logo dan lainnya tercantum pada sertifikat emas yang merupakan hal paling penting ketika kita hendak membeli dan menjual emas. Tetapi tenang saja, karena setiap pembelian baik emas Antam maupun emas UBS sudah disertai dengan sertifikat khusus untuk setiap pecahan yang dibeli.

Lalu, apa ada perbedaan sertifikat? Tentu saja! Emas Antam sudah bersertifikat Internasional yang dikeluarkan London Bullion Market Association (LBMA), sedangkan emas UBS masih bersertifikat Nasional yang diterbitkan oleh si produsen PT Untung Bersama Sejahtera.
Tentunya sertifikat Internasional vs sertifikat nasional mempunyai pengaruh pada saat kita ingin menjual emas tersebut.

6. Kemasan

Adapun kemasan emas Antam keluaran terbaru (produksi setelah tanggal 30 Juli 2018 ke atas) telah dilengkapi dengan teknologi CertiEye, di mana sertifikat dilaminasi menyatu dengan kepingan emas dalam satu kemasan. Terdapat pula barcode di sisi belakang yang memungkinkan kita untuk mengecek keaslian emas batangan tersebut melalui aplikasi CertiEye.

Kemasan emas Antam

Sementara untuk emas UBS khusus untuk pecahan 0,5 gram sampai 4 gram, sertifikat dilaminasi menyatu dengan kepingan emas yang secara keseluruhan serupa dengan kemasan SIM Card. Sedangkan untuk pecahan 5 gram ke atas, sertifikat dan kepingan emas terpisah dan keduanya disimpan dalam kemasan plastik (lihat gambar di bawah).

Kemasan emas UBS

7. Harga

Harga beli dan jual emas batangan Antam dan UBS dapat dipantau di situs resmi kedua perusahaan. Adapun harga untuk membeli emas Antam relatif lebih tinggi dibanding emas UBS untuk pecahan/berat yang sama.

PENUTUP

Ayo kita rekap ulang ke-tujuh aspek di atas dalam bentuk tabel supaya Anda dapat dengan mudah mengingat kembali ulasan di atas, dan selanjutkan mengambil keputusan berinvestasi di emas batangan yang mana.

 Emas AntamEmas UBS
PerusahaanPT Antam (BUMN)PT UBS (swasta)
Kadar Emas99,99%99,99%
Pecahan0,5 gram – 1.000 gram0,5 gram – 100 gram
DimensiLebih kecil tapi lebih tebalLebih lebar tapi lebih tipis
SertifikatSertifikat Internasional (LBMA)Sertifikat Nasional (UBS)
KemasanSertifikat menyatu dengan kepingan emas (teknologi CertiEye)Pecahan <= 4 gr: sertifikat menyatu | Pecahan >= 5 gr: sertifikat terpisah
HargaRelatif lebih mahalRelatif lebih murah
Tabel: Emas Antam vs Emas UBS

13 replies on “Emas Antam vs Emas UBS, Pilih Mana?”

Aku baru sadar kalo ada emas batangan keluaran UBS. Tadinya cuman tau kalo UBS itu bikin emas perhiasan doang. Nanti aku coba nanya di toko emas langganan… hitung2 bisa jadi alternatif emas antam nih 🙂 Thanks artikelnya sangat bermanfaat buat aku yg masih newbie :p

kalo saran emak gua sih… untuk investasi JANGAN beli yg pecahan kecil… 1 gram 2 gram mah RUGI belinya bosque… karena harga per gramnya mahal buanget… cek dan bandingin aja sendiri kalo gak percaya…

bosque paling tidak beli yg ukuran 10 gram ya!!! lebih besar dari 10 gram lebih bagus lagi…

yg di atas itu masalah ukuran… sekarang masalah merek… mending beli emas antam bosque… emang lebih mahal dikit waktu kita belinya… paling tidak lebih gampang jual baliknya nanti…

selalu ingat gampang ato tidak urusan jual kembalinya nanti krn di situlah saat2 waktu kita lg butuh duit… lagian gampang dijual di pegadaian bosque…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *