Categories
Berita

Emas Berhasil Bangkit dari Penurunan Tajam

HargaEmas.com – Harga emas dunia berhasil menukik kembali setelah sebelumnya sempat jatuh pada Senin (15/6/2020) sore. Seperti yang terpantau di database kami, harga emas dunia sempat jatuh ke level $1.708 (Rp782.242) pada pukul 16:40 WIB dan bergerak mendatar sampai pukul 21:10 WIB. Setelah itu, emas dunia menukik kembali ke level $1.720 (Rp788.000) pada pukul 21:50 WIB.

Hampir semua pasar saham global bergerak di zona merah pada perdagangan kemarin dikarenakan adanya laporan lonjakan kasus virus corona. Sebagian wilayah di kota Beijing di-lockdown, dan juga beberapa negara bagian di AS melaporkan kenaikan kasus baru Covid-19.

Yang cukup mencengangkan di kalangan investor adalah cepatnya rebound yang terjadi di pasar saham global mengingat kondisi ekonomi sekarang di masing-masing negara belum ada yang bisa dikatakan pulih dari pandemi Covid-19.

Di Amerika Serikat sendiri, analis terheran-heran dengan kinerja Nasdaq yang pekan lalu mencetak rekor tertinggi sepanjang masa di tengah kondisi perekonomian AS yang masih lumpuh dan pengangguran masih berada di level 15 persen.

Yang menjadi sorotan minggu ini adalah kesaksian Chairman The Fed Jerome Powell di hadapan Kongres AS pada hari Selasa dan laporan ekonomi pertengahan tahun pada hari Rabu (17/6/2020) waktu setempat.

Powell akan menjelaskan kepada Kongres kebijakan-kebijakan moneter yang telah dan akan diambil oleh The Fed dalam menanggulangi pelemahan ekonomi AS akibat pandemi Covid-19. Dan yang paling ditunggu-tunggu oleh pelaku pasar adalah penjelasan beliau atas penilaiannya terhadap ekonomi AS pekan lalu.

Secara teknis, emas terpantau bergerak menyamping (sideways). Adapun kenaikan harga emas lebih lanjut akan dilawan di level resisten terdekatnya di $1.743 (R1) yang apabila berhasil ditembus akan menuju level $1.750 (R2) dan kemudian $1.761 (R3). Sementara itu pelemahan emas akan menuju level support terdekat di $1.706 (S1) dan selanjutnya level psikologis $1.700 (S2).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *