Categories
Berita Opini

Emas Diprediksi akan Segera Capai Level Tertinggi Baru

BAGIKAN:
Koreksi sehat sangat dibutuhkan bagi emas untuk mencapai level tertinggi berikutnya.

Jakarta – Meskipun pasar global mengalami perubahan sesaat pada pekan lalu, tidak ada penurunan ekspektasi secara umum. Data ekonomi dari AS tidak menunjukkan hal yang bagus.

Secara khusus, perlambatan produksi industri, pelemahan di sisi manufaktur, dan turunnya pengeluaran menunjukkan kesulitan pertumbuhan ekonomi masih berlanjut.

Sementara itu, data ekonomi terbaru untuk zona Eropa secara mengejutkan menuju ke arah positif. Skenario terbaik untuk zona Eropa adalah saham-saham energi saat ini akan bertahan selama musim dingin ini. Berkat cuaca yang baik, musim dingin ini dapat berlalu tanpa masalah.

Meskipun risiko geopolitik telah berkurang, peringatan Rusia tentang bulan Februari tetap penting. Diperkirakan juga bahwa meskipun harga energi akan menjadi yang terdepan pada tahun 2023, harga pangan akibat kekeringan mungkin akan menjadi masalah pertama pada tahun 2023.

Situasi ini diperkirakan akan mencuat pada musim semi. Hal ini dapat menjadi penarik bagi inflasi global.

Periode Mei-November merupakan saat The Fed bertindak agresif dalam menaikkan suku bunga. Pada bulan November, situasinya berubah, dan emas menghapus kerugian 8 bulan dalam 5 minggu dan naik di atas $1.900 lagi.

Untuk saat ini, tidak ada yang mengganggu harga 5 minggu, namun seiring berkurangnya kekhawatiran resesi, laju reli emas dapat melambat. Data yang akan datang akan menentukan arah emas dalam beberapa bulan mendatang.

Baca juga: Bikin Geger! Tamasia Paksa Nasabah Jual Murah Emas di Harga Rp 820 Ribu

Prospek Teknikal Emas

Emas menutup minggu di atas $1.920. Namun, koreksi di hari-hari sebelumnya tidak sebanyak yang saya perkirakan. Koreksi sehat sangat penting untuk kenaikan emas dalam jangka panjang. Jika koreksi terjadi, harga dapat memantul lebih kuat lagi.

Jika terjadi pullback, selama support di $1.876 bertahan, peningkatan menuju 1.980 dapat berlanjut. Dalam waktu dekat, pembalikan ke zona 1.845-1.876 akan mengindikasikan bahwa logam mulia ini dapat rebound dan menantang area resistance krusial.

Sumber: Investing

BAGIKAN:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *