Categories
Berita

Emas Dunia Bergerak dalam Pola Sideways

HargaEmas.com – Emas dunia bergerak dalam pola sideways pada perdagangan Rabu (17/6/2020) dini hari. Adapun pasar saham di AS melanjutkan reli penguatannya setelah Bank Sentral AS The Fed berencana untuk merilis lebih banyak lagi stimulus moneter. Kontrak emas berjangka untuk Agustus naik $9,50 per ons ke level $1.736.

Lebih lanjut, laporan penjual ritel di AS untuk bulan Mei yang baru saja dirilis menunjukkan kenaikan sebesar 17,7 persen. Angka ini melebihi ekspektasi pasar yang memprediksi kenaikan hanya sebesar 7,7 persen. Dan laporan ini tentu saja mengejutkan karena menunjukkan kebangkitan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Sesaat setelah laporan ini, emas dunia langsung jatuh tetapi dapat berbalik arah dalam beberapa jam setelahnya.

Sebagian besar pasar saham global naik pada perdagangan semalam. Indeks saham AS juga melanjutkan reli penguatan setelah The Fed mengumumkan bahwa mereka telah mulai membeli obligasi perusahaan. Hal yang sama juga dilakukan oleh Bank of Japan yang mengumumkannya pada pekan ini.

Kabar yang berkembang di pasar adalah The Fed beserta Bank Sentral lainnya akan terus mengerahkan stimulus untuk mendorong perbaikan perekonomian negara mereka. Dan ini tentunya akan menimbulkan masalah serius di kemudian hari karena menyebabkan utang pemerintah membengkak.

Dan yang menjadi sorotan pekan ini adalah kesaksian dua hari Chairman The Fed Jerome Powell di hadapan Kongres. Pada Selasa waktu setempat, Powell tidak memberikan pernyataan yang mengejutkan pasar. Beliau intinya menyampaikan bahwa ekonomi AS tidak akan pulih sepenuhnya sampai pandemi corona ini dapat dikendalikan. Tetapi pelaku pasar tetap menantikan pernyataan Powell berikutnya pada hari Rabu waktu setempat.

Lalu, ke mana arah pergerakan emas selanjutnya? Secara teknikal, emas yang bergerak dalam pola sideways masih dalam tren penguatan. Analis membaca pola sideways yang sekarang ini sebagai pola menyimpan energi sebelum melakukan penguatan lebih lanjut dalam beberapa minggu atau bulan mendatang.

Adapun level resisten terdekat untuk penguatan harga berada di $1.743 (R1) yang merupakan harga tertinggi dalam pekan ini. Apabila angka ini mampu ditembus, maka perlawanan berikutnya berada di $1.750 (R2). Sedangkan pelemahan harga emas akan menguji level support terdekat di $1.721 (S1) dan kemudian $1.706 (S2) yang merupakan level terendah pekan ini.

2 replies on “Emas Dunia Bergerak dalam Pola Sideways”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *