Categories
Berita

Emas Dunia Berhasil Mantul, Tetapi Masih Bearish

HargaEmas.com – Harga emas dunia berhasil mantul di tengah koreksi tajam dari tekanan jual sejak pekan lalu. Akan tetapi emas secara umum masih terlihat “bearish”, dan investor masih tetap agresif berspekulasi di instrumen yang lebih beresiko seperti saham. Adapun emas berjangka untuk bulan Agustus naik tipis dan ditutup pada $1.698,60 per ounce.

Optimisme akan pembukaan kembali ekonomi global membuat investor meninggalkan emas dan beralih ke pasar saham. Wall Street pun terus bergerak menanjak, dan Indeks saham Amerika Serikat meroket pada hari ini. Di mana Nasdaq berhasil mencapai rekor tertingginya dan ditutup di posisi 9.924,74.

Sementara itu, indeks S&P 500 mencapai level tertinggi dalam tiga bulan, dan saat ini berada hanya 4,5 persen di bawah rekor tertinggi. Demikian pula, Dow Jones melonjak 1,7 persen ke posisi 27.572, dan saat ini berada sekitar 6,7 persen di bawah rekor tertingginya.

Namun analis memperingatkan bahwa dibukanya kembali ekonomi membuat interaksi sosial meningkat. Dan ini meningkatkan resiko penyebaran Covid-19. Dan ternyata benar, karena beberapa negara bagian AS melaporkan peningkatan jumlah kasus Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir.

Saat ini, investor sangat menanti hasil pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) / Komite Pasar Terbuka dari Bank Sentral AS The Federal Reserve yang akan merilis kebijakan terbaru pada Rabu 10 Juni waktu setempat.

Terlepas dari semua itu, kinerja emas dunia pada hari ini cukup solid. Kita masih harus melihat dalam beberapa hari ke depan untuk dapat menentukan apakah ini benar merupakan dari pembalikan arah dan sekaligus beralihnya tren emas dari bearish ke bullish, ataukah ini hanya rebound palsu.

Lalu, bagaimana pergerakan emas dunia selanjutnya? Secara teknikal, emas berhasil mantul dari tekanan jual sejak Jumat lalu. Akan tetapi, jika melihat grafik harian harga emas mulai pada tren turun. Adapun kenaikan emas akan dilawan di level resisten terdekat di $1.701 (R1) dan kemudian $1.715 (R2). Sedangkan pelemahan emas akan menguji level support terdekat di $1.680 (S1) yang merupakan level terendah hari ini. Apabila mampu ditembus, emas selanjutnya akan mencoba ke level support berikutnya di $1.668 (S2).

3 replies on “Emas Dunia Berhasil Mantul, Tetapi Masih Bearish”

mantulll… mantap betul!!!
emas naik + kurs naik = semoga bertahan ampe besok supaya besok antam ikut naik!!!

Beneran mantul. Sekarang sdh di 778k. Kuncinya di vaksin. Sepanjang vaksin corona blm ditemukan, virus ini masih terus menyebar dan korban akan terus ada. Dan emas yg jd pegangan kl ekonomi kacau.

emas antam hari ini cuman naik 6 rebu dan 8 rebu bosque… padahal emas udah naik lumayan banyak… hmm…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *