Categories
Berita

Emas Naik Jelang Pengumuman The Fed

HargaEmas.com – Harga emas dunia terpantau menguat menjelang pengumuman hasil pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) / Komite Pengambil Kebijakan Federal Reserve AS yang akan dirilis pada Rabu sore waktu setempat atau Kamis dini hari nanti waktu Indonesia. Investor menanti cemas pandangan dari The Fed mengenai keadaan ekonomi saat ini, tanda-tanda pemulihan ekonomi sejauh ini, perubahan suku bunga dan apakah akan ada stimulus lebih lanjut dari The Fed.

Adapun indeks utama bursa saham di AS seperti Dow Jones dan S&P 500 jatuh pada perdagangan Rabu dini hari WIB. Dow Jones turun 300 poin atau minus 1,09 persen ke level 27.272, dan S&P 500 turun 25 poin atau minus 0,78 persen ke posisi 3.207. Sementara Nasdaq terus mencatat rekor baru dan ditutup dengan kenaikan tipis sebesar 0,29 persen ke posisi 9.953,75.

Sementara pasar saham rehat dari reli penguatan dalam beberapa hari ini, emas dunia diperdagangkan naik pada hari ini. Kontrak emas untuk pengiriman Agustus naik $16 atau hampir satu persen ke level $1.721 per ounce. Sementara emas berjangka naik menjadi $1.714,60 per ounce.

Selasa merupakan hari pertama pertemuan dua hari Komite Pengambil Kebijakan Bank Sentral AS (FOMC) yang akan berakhir pada Rabu sore waktu AS atau Kamis dini hari waktu Indonesia. Setelah itu, Chairman The Federal Reserve Jerome Powell akan memberikan pernyataan pada sesi konferensi pers. Diharapkan tidak ada perubahan suku bunga pada pertemuan ini. Namun, apa langkah The Fed terhadap ekonomi AS dan langkah pemulihannya akan berpengaruh besar pada pasar emas dan saham.

Lalu, ke mana arah pergerakan emas selanjutnya? Secara teknikal, penguatan emas pada awal pekan ini cukup solid dan akan terkonfirmasi apabila mampu ditutup melewati level resisten $1.750. Untuk jangka pendek, kenaikan harga emas akan dilawan di level resisten terdekatnya di $1.729 (R1) dan kemudian $1.740 (R2). Sementara level support terdekat berada di $1.700.

Pantau terus harga emas hari ini di halaman depan HargaEmas.com. Harga jual dan beli emas batangan Antam juga diupdate setiap hari dan dapat dilihat di laman depan.

One reply on “Emas Naik Jelang Pengumuman The Fed”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *