Categories
Opini

Emas vs Berlian, Pilih Mana?

Emas vs berlian

Emas dan berlian merupakan logam mulia yang banyak digemari bukan hanya sebagai perhiasan tapi juga sebagai instrumen investasi. Selain karena harga yang terbilang cukup stabil, bentuk fisik yang dimiliki emas dan berlian dinilai lebih minim resiko jika dibandingkan dengan investasi saham. Terlebih lagi apabila sedang terjadi pergolakan harga pasar dan situasi politik dunia.

Jika kamu bertanya-tanya mana yang lebih baik antara investasi emas atau berlian, sebaiknya kamu simak pertimbangan berikut:

DAFTAR ISI
1. Harga
2. Likuiditas
3. Inflasi
4. Penakaran nilai
5. Kesimpulan

1. Perbedaan harga

Harga emas tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan harga berlian.

Lagipula, investasi emas juga merupakan investasi yang umum dilakukan oleh semua kalangan, mulai dari kalangan menengah sampai dengan kalangan atas.

Apabila kamu memiliki dana yang masih terbatas namun tetap ingin mencoba investasi emas atau berlian, maka sebaiknya jatuhkan pilihanmu ke emas.

Karena investasi berlian membutuhkan dana yang tidak sedikit, sehingga kamu harus menabung terlebih dahulu untuk bisa berinvestasi.

2. Tingkat likuiditas

Kamu yang ingin investasi emas atau berlian harus memahami tingkat likuiditas di antara keduanya. Melikuidasi emas jauh lebih murah daripada melikuidasi berlian, karena seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa emas merupakan instrumen investasi yang lebih umum.

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan, meskipun kita selalu berdoa yang baik-baik tapi jika di kemudian hari ternyata kamu membutuhkan dana darurat untuk suatu keperluan mendesak, maka kamu bisa melikuidasi emas yang kamu miliki.

Melikuidasi emas prosesnya jauh lebih cepat dibandingkan dengan berlian, karena biasanya jika kamu menjual berlian maka kamu harus melewati proses yang lebih panjang seperti verifikasi sertifikat berlian dan juga tawar menawar harga yang pastinya tidak berjumlah sedikit.

3. Inflasi

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa harga berlian sangat tergantung dengan harga mata uang yang ada di tengah masyarakat. Oleh karena itu, investasi berlian dinilai lebih berisiko dibandingkan dengan investasi emas.

Meskipun harganya fluktuatif, tapi nilai emas tidak akan goyah karena laju inflasi. Terlebih lagi, penurunan harga emas yang tidak pernah terlalu drastis membuat masyarakat lebih yakin untuk investasi emas dibandingkan dengan berlian.

4. Penakaran nilai emas dan berlian

Apakah kamu pernah bertanya-tanya mengapa harga emas dan berlian bisa mahal? Atau bagaimana cara mereka menentukan nilai dari bongkahan logam mulia? Jawabannya, baik emas atau berlian akan melewati beberapa tahap sebelum mereka memiliki nilai jual.

Jika kamu perhatikan, ketika memulai investasi emas atau berlian kamu biasanya akan menerima sertifikat pembelian dari kedua barang tersebut, dan di dalam sertifikat akan terdapat rincian seperti berat, jenis potongan, dan lain sebagainya.

Sertifikat ini adalah bukti yang digunakan untuk menentukan nilai dari emas dan berlian tersebut.

Meskipun keduanya melalui proses yang hampir sama, tapi sebenarnya proses penentuan nilai berlian lebih rumit. Berlian harus melewati proses 3C yaitu cut, clarity, dan color untuk memastikan keasliannya.

5. Kesimpulan

Setelah mengetahui perbandingan investasi emas atau berlian, rasanya emas akan menjadi investasi yang jauh lebih aman.

Baca juga: Emas Antam vs Emas UBS, Pilih Mana?

Sumber: Akurat.co

One reply on “Emas vs Berlian, Pilih Mana?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *