Categories
Berita

Harga Emas Antam Mahal, Penjualan Tetap Positif

HargaEmas.com, JAKARTA – Kunto Hendrapawoko, Senior Vice President sekaligus Corporate Secretary PT Aneka Tambang yang menjabat posisi ini sejak 13 Mei 2019 lalu, mengatakan bahwa penjualan emas batangan Antam selama Ramadan sampai Lebaran 2020 ini masih menunjukkan tren positif meski kita masih berada di tengah pandemi virus corona.

Walaupun respon pasar masih tetap positif, Kunto mengaku kinerja penjualan emas batangan Logam Mulia pada Lebaran kali ini berbeda jika dibandingkan pada Lebaran tahun-tahun sebelumnya. Lebih lanjut, beliau tidak membeberkan secara rinci data-data penjualan pada periode Lebaran kali ini. Padahal seperti yang kita diketahui bersama, musim Ramadan-Lebaran selama ini selalu menjadi musim terbaik penjualan emas di Indonesia setiap tahunnya.

Pergerakan harga emas bersertifikat Antam selama tahun 2020 sangat fantastis. Pada awal tahun tepatnya tanggal 2 Januari 2020, satu gram emas Antam dijual di harga Rp 771.000. Dan pada akhir Mei (30/5) kepingan satu gram yang sama bernilai Rp 914.000. Berarti sepanjang tahun ini (year-to-date) ada kenaikan sebesar Rp 143.000 atau setara 18,54 persen.

Perlu dicatat bahwa sejak pandemi virus corona permintaan atas emas sebagai aset investasi yang aman meningkat. Hal ini yang mendorong meningkatnya harga emas dunia, tak terkecuali emas batangan Antam. Emas batangan yang menjadi acuan harga emas di Indonesia ini bahkan mencapai level tertinggi sepanjang sejarah di level Rp 972.000 per gram (+26,07% year to date) pada tanggal 7 April 2020.

Adapun kinerja emas batangan Logam Mulia sepanjang bulan Mei (Ramadan – Lebaran – paska Lebaran) adalah turun 1,19 persen. Satu gram emas batangan dibaderol di harga Rp 925.000 pada 2 Mei 2020, dan ditutup di harga Rp 914.000 pada 30 Mei. Berarti ada penurunan sebesar Rp 11.000 atau -1,19 persen.

Perlu ditambahkan bahwa pihak PT Antam menerapkan protokol transaksi selama pandemi covid-19. Untuk menghindari kerumunan banyak orang, maka diterapkan:

  1. Transaksi online melalui laman www.logammulia.com untuk transaksi pembelian. Pengambilan emas batangan fisik dapat dilakukan di Butik Emas LM yang ditentukan atau bisa juga melalui pengiriman via jasa ekspedisi yang bekerjasama.
  2. Antrian online melalui aplikasi WhatsApp untuk transaksi penjualan kembali (buyback). Hanya konsumen yang sudah mendapatkan nomor antrian pada hari dan jam yang ditentukan yang dapat melalukan transaksi buyback di Butik Emas LM.

Untuk mengetahui harga jual dan harga buyback terkini Emas Antam, silahkan kunjungi halaman depan HargaEmas.com Sedangkan histori harga emas sebelumnya beserta grafik dapat dilihat di sini ยป

One reply on “Harga Emas Antam Mahal, Penjualan Tetap Positif”

Mantap bahasanya pak Kunto. Aku demen yg gini2 nih… penjualan tetap positif tapi berbeda dibanding lebaran yg kemaren2… pembaca pasti ngerti banget maksudnya ๐Ÿ˜‰

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *