Categories
Berita

Harga Emas Dunia Anjlok $22, Ini Sebabnya

Setelah melalukan reli harga selama lima hari beruntun dan menyentuh puncaknya di level tertinggi sejak Oktober 2012, harga emas dunia pada akhir perdagangan Selasa (19/5/2020) pagi WIB ditutup merosot tajam hampir $22 ke level $1.734,50. Apa penyebabnya?

Emas dunia langsung anjlok setelah beredar kabar percobaan eksperimental atas vaksin virus corona yang dilakukan oleh sebuah perusahaan biotek asal Amerika Serikat bernama Moderna Inc. Moderna melaporkan bahwa vaksin yang sedang dikembangkannya menunjukkan tanda-tanda bahwa vaksin tersebut dapat membuat respon sistem kekebalan di dalam tubuh yang mampu menangkal virus.

Dilansir HargaEmas.com dari GulfNews, Daniel Ghali, analis TD Securities mengatakan bahwa harga emas akhirnya berbalik arah seiring munculnya harapan dunia atas ditemukannya vaksin virus corona. Lebih lanjut, Daniel mengatakan bahwa vaksin lah yang menjadi obat utama untuk permasalahan ekonomi saat ini dan masa depan. Karena kalau vaksin sudah ditemukan, dunia tidak perlu lagi stimulus apapun dari bank sentral untuk menyelamatkan perekonomian global dari pandemi Covid-19.

Pada pekan lalu, emas mendapat momentum penguatan dan melalukan reli setelah muncul kekhawatiran akan datangnya gelombang kedua dari wabah covid-19. Lebih lanjut, Gubernur Bank Sentral AS Jerome Powell memperingatkan bahwa pasar saham dan aset-aset lainnya kemungkinan akan mendapat hantaman yang dahsyat apabila pandemi covid-19 ini berlangsung lama. Pemulihan ekonomi juga membutuhkan waktu yang lebih lama selama vaksin belum ditemukan.

Pernyataan Powell pada interview di hari Jumat langsung direspon dengan aksi jual besar-besaran di pasar saham, dan investor beralih memborong emas sebagai aset yang paling aman. Akibatnya, harga emas dunia langsung melonjak ke level tertinggi dalam tujuh tahun terakhir.

Lalu ke mana arah emas selanjutnya? Level support terdekat untuk emas saat ini adalah di level $1.731 dan selanjutnya $1.720. Sedangkan level resistennya berada di $1.752 yang apabila ditembus akan mengetes angka $1.762.

2 replies on “Harga Emas Dunia Anjlok $22, Ini Sebabnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *