Categories
Berita

Harga Emas Dunia Kembali ke Level $2.000

HargaEmas.com – Pasar emas mendapat tambahan kekuatan dari melemahnya Dollar AS pada Selasa 18 Agustus 2020. Hal ini membuat harga emas dunia melambung di atas level $2.000 per ounce, sekaligus membalikkan keadaan dari koreksi tajam pada pekan lalu.

Dengan demikian, harga emas terhitung telah naik hampir $60 per ons sejak kemarin sore. Untuk jangka pendek, emas selanjutnya akan mencoba penguatannya menuju rekor level tertingginya di $2.076.

Adapun Indeks Dollar AS turun 0,28 persen dan saat ini berada di level 92,55. Analis menilai Indeks Dollar AS masih akan bergerak melemah untuk sementara waktu mengingat pasar obligasi sedang jatuh setelah mencapai level tertinggi dalam sebulan terakhir.

Lebih lanjut, Indeks Dollar AS dikhawatirkan akan jatuh di bawah level 90 dikarenakan negeri Paman Sam sudah resmi memasuki masa resesi.

Penundaan paket baru stimulus membuat para analis khawatir akan performa ekonomi AS di kuartal ketiga. Imbasnya, Dollar AS akan ikut bergerak melemah.

Selain melemahnya Dollar AS dan jatuhnya pasar obligasi yang membuat harga emas terus melambung tinggi, semakin tingginya tensi hubungan geopolitik antara China dan AS masih menjadi salah satu faktor utama mengapa investor beralih ke aset emas sebagai safe haven.

Dengan kembali bergerak di atas level $2.000, analis memprediksi bahwa hanya tinggal masalah waktu saja bagi emas untuk menciptakan rekor baru harga tertingginya.

One reply on “Harga Emas Dunia Kembali ke Level $2.000”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *