Categories
Berita

Harga Emas Menguat ke Level Tertinggi dalam 7,5 Tahun

HargaEmas.com – Harga emas dunia terpantau bergerak sedikit lebih tinggi pada perdagangan Rabu 24 Juni malam WIB. Pada perdagangan semalam, emas berhasil menyentuh level tertingginya dalam 7,5 tahun yakni $1.796, sebelum bergerak turun sedikit.

Permintaan emas sebagai safe haven meningkat pekan ini setelah dilaporkan terjadi lonjakan kasus baru infeksi virus corona di berbagai belahan dunia. Grafik teknis untuk emas juga sepenuhnya bullish, yang menandakan masih ada potentsi kenaikan harga dalam waktu dekat. Pada saat artikel ini ditulis, emas berjangka bulan Agustus naik $5,40 per ons ke level $1.787.

Pasar saham Eropa mayoritas turun pada perdagangan semalam, sementara bursa di Asia bergerak beragam. Sementara bursa saham di AS ketiganya dibuka di zona merah, dengan penurunan masing-masing di atas 2 persen. Dow Jones Industrial melemah 636 poin (-2,43%) ke level 25.519. Sementara S&P 500 turun 75 point (-2,41%) ke level 3.055 dan Nasdaq Composite turun 210 poin (-2,08%) ke level 9.920.

Sentimen investor terhadap pasar saham kelihatannya mulai kurang optimis pada pertengahan minggu ini mengingat meningkatnya kasus infeksi virus corona di berbagai bagian dunia termasuk beberapa negara bagian AS. Investor mengkhawatirkan naiknya jumlah kasus baru akan berakibat pada diberlakukannya kembali lockdown, yang selanjutnya akan membuat proses pemulihan ekonomi terganggu.

Lebih lanjut, penguatan harga emas juga didorong oleh fakta bahwa ekonomi utama dunia saat ini disuntik oleh dana besar-besaran dari berbagai Bank Sentral. Hal ini pada akhirnya akan menciptakan permasalahan besar berupa inflasi harga di tengah pelemahan ekonomi.

Lalu, ke mana arah pergerakan emas selanjutnya? Secara teknis, pergerakan harga emas masih bullish. Adapun sasaran utama penguatan emas adalah menembus level $1.800. Namun sebelumnya emas akan dilawan di level resisten $1.796 yang merupakan level tertinggi pada perdagangan semalam. Sementara level support terdekat berada di $1.775 dan kemudian $1.758 yang merupakan level terendah semalam.

2 replies on “Harga Emas Menguat ke Level Tertinggi dalam 7,5 Tahun”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *