Categories
Berita

Harga Emas Naik Ditopang Meredanya Ketidakpastian Stimulus AS

JAKARTAHarga emas naik pada perdagangan Kamis, 8 Oktober pagi setelah kekhawatiran atas stimulus AS untuk mendukung ekonomi yang dilanda virus corona berkurang. Sekarang, pergerakan harga emas fokus pada risalah dari pertemuan terakhir Federal Reserve AS tentang prospek kebijakan moneter.

Dikutip dari CNBC, Kamis (8/10/2020), harga emas di pasar spot naik 0,4 persen menjadi USD 1,884.46 per ounce. Emas berjangka AS turun 1,3 persen menjadi USD 1.884.60 per ounce.

“Retracement Presiden Trump dari ‘tidak ada negosiasi stimulus’ menjadi ‘tindakan bantuan sepihak’ telah membantu mendukung harga emas meskipun dolar AS hanya melemah sedikit,” kata Jeff Klearman, Manajer Portofolio di GraniteShares.

Harga emas telah turun hampir 2 persen pada perdagangan Rabu kemarin setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan penghentian negosiasi stimulus tambahan hingga setelah pemilihan presiden pada 3 November mendatang. Namun, dia kemudian menyarankan bantuan penggajian baru untuk maskapai penumpang AS.

“Kekhawatiran penghancuran permintaan terkait virus Corona masih berlimpah, yang berarti cepat atau lambat, paket stimulus fiskal kemungkinan akan disahkan dan The Fed akan melanjutkan kebijakan moneter akomodatif yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Klearman.

Investor sekarang menunggu risalah dari pertemuan kebijakan Fed. Gubernur The Fed Jerome Powell pada hari Selasa waktu setempat menyerukan lebih banyak bantuan untuk bisnis dan rumah tangga untuk menjaga pemulihan ekonomi yang baru lahir dari guncangan.

Baca juga: Harga Emas Jatuh Karena Pernyataan Ketua Federal Reserve

“Ada antisipasi tentang tingkat inflasi sebagai akibat dari stimulus, dan itu bisa dilindungi oleh emas,” kata Jeffrey Sica, Presiden dan Kepala Investasi Sica Wealth Management.

“Akan ada potensi besar untuk tidak memiliki hasil pemilu pada November, yang akan membantu harga emas sebagai pelarian ke tempat yang aman,” lanjut dia.

Emas dipandang sebagai investasi tempat berlindung yang aman karena kemampuannya untuk mempertahankan nilai bahkan pada saat ketidakpastian keuangan atau politik. Ini juga digunakan sebagai lindung nilai terhadap inflasi.

Selain harga emas, harga perak juga naik 2,7 persen menjadi USD 23,70 per ounce. Kemudian harga platinum naik 0,9 persen menjadi USD 856,15, sementara harga paladium naik 0,9 persen menjadi USD 2.362.41.

Sumber: Liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *