Categories
Berita

Harga Emas Pecahkan Rekor Tertinggi Sepanjang Masa

HargaEmas.com – Harga emas berhasil memecahkan rekor tertinggi sepanjang masa pada Senin, 27 Juli 2020 pagi WIB. Adapun rekor sebelumnya yang sudah bertahan selama hampir 9 tahun tepatnya pada September 2011 adalah $1.920 per troy ounce.

Setelah berhasil melewati level $1.920, si logam kuning tidak berhenti sampai di situ saja melainkan tetap tancap gas menuju level $1.943 pada pukul 17:30 WIB sebelum berbalik arah.

Merujuk pada pergerakan harga emas sampai pada saat artikel ini ditulis, hari Selasa (28/7) besok akan menjadi hari pertama kita menyaksikan emas batangan Antam menembus angka satu juta rupiah untuk pertama kalinya.

Sekedar informasi, pada hari Senin (27/7) emas batangan Antam pecahan satu gram dibanderol di harga tertingginya sepanjang masa yaitu Rp 997.000, yang mana hanya selisih Rp 3.000 saja dari angka satu juta rupiah.

Adapun faktor pendorong menguatnya harga emas dunia selama satu pekan terakhir adalah ketidakpastian ekonomi global akibat pandemi Covid-19 dan semakin memburuknya hubungan antara China-Amerika Serikat yang membuat investor mencari aman di balik instrumen emas sebagai aset safe haven.

Lebih lanjut, semakin rendahnya suku bunga acuan di hampir semua negara (bahkan ada negara yang suku bunganya sudah berada di teritori negatif) dan semakin masifnya stimulus dari pemerintah dan bank sentral dikhawatirkan memicu inflasi semakin tinggi.

Lalu, akankah harga emas akan terus melaju dan menembus level berikutnya $2.000? Atau, malah akan berbalik arah? Kita nantikan saja perkembangan selanjutnya.

Namun, investor wajib waspada akan pembalikan arah harga emas. Koreksi harga akibat aksi profit taking setelah pencatatan rekor selalu akan terjadi karena investor pasti akan merealisasikan keuntungan yang telah diperoleh.

Selanjutnya, dikhawatirkan apabila vaksin virus corona berhasil dikembangkan dan sudah diproduksi massal, maka harga emas diprediksi akan kembali ke level semula pada saat sebelum pandemi Covid-19 terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *