Categories
Berita

Harga Emas Tembus $2.000 untuk Pertama Kali

HargaEmas.com – Harga emas dunia terus melanjutkan penguatannya, dan pada Rabu, 5 Agustus 2020 pukul 01.15 dini hari emas berhasil menembus level $2.000 per troy ounce untuk pertama kalinya.

Harga emas di pasar spot bahkan mencetak rekor tertinggi sepanjang masa di level $2.031 sebelum berbalik arah ke level $2.018 pada saat artikel ini ditulis.

Adapun trigger atau pemicu kenaikan harga emas adalah rencana pemerintah dan Bank Sentral AS untuk menerbitkan paket stimulus ekonomi yang baru guna meredam dampak pandemi Covid-19.

Rencana paket baru stimulus ekonomi ini langsung direspon oleh investor, dan seakan-akan menjadi pendorong tambahan bagi emas untuk menembus level $2.000 untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Lebih lanjut, analis menilai bahwa cukup beresiko bagi investor untuk memegang dollar AS pada situasi sekarang. Dollar AS pun jatuh, dan pada saat ini sedang menguji level support terendah dalam dua tahun.

Sebagai informasi, paket stimulus yang terus menerus dikucur oleh pemerintah dan Bank Sentral AS dinilai berpotensi untuk memicu inflasi besar-besaran di negeri Paman Sam di masa mendatang.

Sebagai penggantinya, investor beralih ke instrumen emas yang dianggap sebagai safe haven atau aset pelindung nilai terhadap ketidakpastian situasi ekonomi dan politik seperti yang terjadi saat ini.

Bagi Anda yang ingin mengetahui harga terkini emas dunia, silahkan kunjungi halaman depan HargaEmas.com untuk mendapatkan harga terbaru yang di-update setiap 10 menit non-stop sepanjang hari.

2 replies on “Harga Emas Tembus $2.000 untuk Pertama Kali”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *