Categories
Berita

Harga Emas Terkoreksi, Dipicu Kenaikan Yield US Treasury

BAGIKAN:
Ilustrasi batuan emas

JakartaHarga emas terkoreksi pada perdagangan Rabu (2/6) pagi. Pukul 07.16 WIB, harga emas untuk pengiriman Agustus 2021 di Commodity Exchange berada di level $1.901,20 per ons troi, turun 0,19% dari sehari sebelumnya yang berada di $1.905 per ons troi.

Koreksi harga emas dipicu oleh kenaikan imbal hasil (yield) obligasi AS setelah serangkaian data positif membantu memacu optimisme pemulihan ekonomi dari pandemi.

Yield US Treasury bertenor 10 tahun naik dua basis poin, menekan permintaan emas batangan.

Baca juga: Mantap! Harga Emas Diprediksi Bisa Tembus $1.950

Lebih lanjut, kenaikan emas tertahan setelah data manufaktur AS melampaui perkiraan, memicu kekhawatiran Federal Reserve bakal mempertimbangkan kebijakan pengetatan lebih cepat dari yang diantisipasi.

Pada bulan Mei lalu, emas batangan mencatat kenaikan 7,8% selama sebulan, didorong oleh data ekonomi yang tidak merata dan tanda-tanda percepatan inflasi yang mendorong permintaan logam mulia sebagai aset lindung nilai.

“Ada penjualan emas dengan volume yang solid pagi ini,” kata Tai Wong, kepala perdagangan derivatif logam di BMO Capital Markets seperti dikutip Bloomberg.

“Lonjakan imbal hasil sejauh ini telah mendorong beberapa aksi ambil untung dan mendorong emas kembali sebentar ke bawah US$ 1.900 per once,” katanya.

Sumber: Kontan

BAGIKAN:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *