Categories
Berita Opini

Investor Tetap Pertahankan Emas untuk Diversifikasi

BAGIKAN:
Emas tetap menjadi pilihan diversifikasi aset di tahun 2022

Jakarta – Tahun 2022 segera datang. Apakah kamu sudah membuat perencanaan investasi di instrumen apa saja tahun depan? “Don’t put all your eggs in one basket”, alias jangan meletakkan seluruh telur dalam satu keranjang. Demikian pepatah yang mengingatkan pentingnya keragaman dalam berinvestasi.

Karena itu, mumpung masih bisa merancang rencana investasi di 2022, sebaiknya kamu sekaligus membuat apa saja daftar diversifikasi produk investasinya. Keragaman dalam investasi pada dasarnya untuk mengurangi risiko kerugian. Selain itu, diversifikasi investasi juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan nilai modal yang Anda investasikan.

Dengan kata lain, diversifikasi investasi adalah penganekaragaman jenis produk investasi yang dilakukan oleh investor untuk menyeimbangkan potensi keuntungan dan tingkat risiko kerugian.

Baca juga: Ini Sentimen yang Menggerakkan Harga Emas di Tahun 2022

Vasu Menon, Senior Investment Strategist OCBC Bank dalam Monthly Outlook Desember 2021 by OCBC NISP Wealth Panel, menyampaikan prospek untuk imbal hasil riil Amerika Serikat yang lebih tinggi dan greenback yang lebih kuat kemungkinan akan membebani emas pada tahun 2022.

“Investor akan mempertahankan eksposur terhadap emas untuk diversifikasi,” kata Vasu Menon.

Menurutnya alokasi emas bisa cenderung lebih kecil dari sebelumnya. “Kami mengharapkan The Fed untuk menjaga kredibilitas dalam kesediaan dan kemampuan untuk menghindari inflasi yang lebih tinggi,” lanjutnya.

Dia mengatakan hal tersebut membatasi daya pikat emas sebagai lindung nilai inflasi. Namun, harga emas bisa bertahan lebih tinggi dan lebih lama, jika pembuat kebijakan moneter diminta untuk mengambil sikap lebih hati-hati terhadap pengetatan.

“Ini bisa terjadi jika varian Omicron terbukti menjadi tantangan material bagi pemulihan global,” kata dia.

Sumber: Bareksa

BAGIKAN:

2 replies on “Investor Tetap Pertahankan Emas untuk Diversifikasi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *