Categories
Berita Opini

Kenali Jenis-jenis Emas Perhiasan, Jangan Salah Pilih!

Foto emas perhiasan

Perhiasan adalah sebagai simbol status seseorang dari jaman ke jaman. Tidak hanya itu perhiasan pun banyak ragamnya, baik asesoris atau imitasi maupun perhiasan dari emas.

Perlu diketahui bagi anda yang menyukai perhiasan dari emas. Emas perhiasan asli biasanya tidak dibuat dari emas murni. Ini karena emas murni atau emas 24 karat terlalu lunak sehingga mudah tergores dan bengkok. Jadi emas 24 karat ini tidak ideal untuk dijadikan perhiasan.

Nah, untuk mengetahui emas yang sering anda pakai adalah logam yang dicampur dengan emas ditentukan sesuai dengan warna emas yang diinginkan. Supaya lebih jelas kita mengetahui dengan nama kadar emas atau karat.

Kadar 50 persen, 75 sampai 99,9 persen kadarnya. Biasanya kadar emas 75 persen disebut dengan emas 18 karat, 22 Karat, 23 karat sampai 24 karat. Untuk itu ada 2 istilah untuk kadar perhiasan emas, berikut istilah emas.

Emas Tua dan Emas Muda

Apakah ini ada hubungannya dengan umur emas? Bukan! Pada dasarnya, hampir semua emas yang dibuat untuk perhiasan dicampur dengan logam lain, meskipun ada perhiasan yang dibuat menggunakan emas murni. Oleh karena itu, muncullah istilah emas muda dan emas tua.

Emas muda adalah jenis perhiasan emas yang memiliki kadar emas di bawah 42%, sedangkan emas tua di atas 42%. Namun, ada beberapa ahli yang mengatakan bahwa emas muda adalah perhiasan dengan kadar emas di bawah 70% dan emas tua di atas 70%.

Intinya, emas muda mengandung lebih banyak campuran logam lain dibandingkan emas itu sendiri. Sebaliknya, perhiasan emas tua mengandung kadar emas yang lebih banyak daripada logam lain.

Kamu juga bisa memperhatikan perbedaan harga emas nya. Harga perhiasan emas muda tentu saja lebih murah daripada dengan emas tua.

Emas Suasa

Emas suasa seringkali hanya disebut dengan istilah suasa dan bukan emas. Emas suasa juga adalah sebutan lain dari emas muda. Kadar emas yang dimiliki emas suasa adalah sekitar 7 Karat hingga 10 Karat.

Tapi kalau budgetmu terbatas, perhiasan emas suasa bisa kamu jadikan alternatif yang lebih terjangkau. Tidak heran kalau semakin banyak orang yang mencari perhiasan dengan kadar emas yang setara dengan emas suasa.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan jenis perhiasan emas apa saja yang ada di luar sana? Pastikan kamu selalu memastikan jenis emas yang dipakai untuk perhiasan pada penjual, ya!

Baca juga: UBS Gold Luncurkan Logam Mulia Edisi Disney

Sumber: Pikiran Rakyat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *