Categories
Berita Opini

Mau Jual Emas Antam dengan Harga Tinggi? Begini Cara Menyiasatinya

JAKARTA – Investasi atau menabung emas sudah menjadi gaya hidup masa kini. Pasalnya dengan menabung emas, dana keuangan kita akan terjaga sewaktu-waktu kita membutuhkan emas kita bisa menjual.

Namun, jika kita ingin menjual dengan harga emas yang lebih tinggi dari harga sewaktu kita membelinya, maka kita harus bandingkan terlebih dahulu.

Biasanya toko-toko emas beroperasi dalam industri yang mandiri. Maka dari itu, pelanggan sebaiknya paham tentang proses transaksi jual beli emas.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh pelanggan sebelum menjual kembali emas Antam miliknya, yakni:

  1. Teliti saat membeli

Jika kita ingin harga jual kembali emas kita lebih tinggi dari harga belinya, maka pada saat membeli kita harus teliti. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membeli emas adalah surat atau sertifikat resmi dari pencetak logam mulia.

Sertifikat ini sebagai jaminan saat akan menjual kembali emas Antam yang kita miliki. Di Indonesia, sertifikat emas dikeluarkan oleh PT. Antam selaku produsen emas. Sertifikat dari Antam bisa diterima oleh toko emas, pegadaian, dan bank-bank.

Sertifikat ini berlaku untuk emas batangan. Emas perhiasan jarang ada sertifikat. Biasanya hanya berupa kuitansi atau nota pembelian dari toko emas. Jika tidak ada sertifikat, sebenarnya tidak mengapa, hanya saja akan mengurangi harga jualnya.

  1. Mengetahui kadar nilai emas

Kualitas emas bervariasi, ditentukan oleh karat. Kadar karat ini tertera pada sertifikat atau surat saat membelinya. Setiap kadar karat memiliki harga yang berbeda.

Untuk emas yang karatnya sama juga, bisa jadi harganya akan berbeda. Logam mulia Antam misalnya, tahun seri cetak yang berbeda akan menimbulkan nilai jual yang berbeda pula.

Untuk itu, kita harus mengetahui berapa kadar karat emas yang akan kita beli dan berapa harganya.

  1. Cari toko dengan harga buy back terbaik

Sebelum menjual emas, sebaiknya Anda mendapatkan dua atau tiga penawaran harga dari toko yang berbeda. Logam mulia Antam lebih diterima di berbagai tempat dengan harga yang bervariasi.

Harga buy back Logam Mulia terendah biasanya dari PT. Antam sendiri. Nilai buy back ini bisa didapat dari situs resmi Antam.

Oleh sebab itu, saat membeli emas sebaiknya Anda membelinya di Antam, tapi menjualnya di toko emas. Jadikan buy back Antam sebagai patokan, kemudian tanyakan harga buy back di toko-toko emas. Biasanya mereka akan memberi penawaran yang lebih tinggi, terutama toko emas yang berada di mall.

Baca juga: Emas Antam vs Emas UBS, Pilih Mana?

Sumber: Pikiran Rakyat

2 replies on “Mau Jual Emas Antam dengan Harga Tinggi? Begini Cara Menyiasatinya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *