Categories
Emas Antam

Naik Lagi, Harga Emas Antam Dekati Rp 1 Juta

Sales memperlihatkan tiga emas batangan Antam

JAKARTA – Seperti yang sudah diperkirakan, harga emas Antam akhirnya menguat. Rabu (6/1/2021), harga logam mulia tersebut naik Rp 6.000 atau menguat 0,62 persen dibanding harga kemarin.

Berdasarkan update terkini di situs Logammulia.com, harga 1 gram emas batangan Antam dijual di Rp 981.000 pada 09.15 WIB. Bagi yang menunjukkan NPWP (ditambah pajak 0,45%) emas Antam dibanderol di Rp 985.000 per gram. Sementara harga jual non-NPWP (ditambah pajak 0,9%) berada di Rp 989.000 per gram.

Grafik harga emas Antam hari ini, 6 Januari 2021

Di sepanjang tahun 2020, harga emas Antam melesat 35 persen lebih. Animo masyarakat untuk membeli emas di tengah pandemi Covid-19 dan adanya resesi memang tinggi. Permintaan terhadap aset safe haven tersebut turut mendongkrak harganya.

Baca juga: Prediksi Harga Emas 2021: Mungkinkah Tembus Rp 1 Juta Lagi?

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga emas Antam seperti harga emas dunia dan pergerakan nilai tukar Dollar AS terhadap Rupiah. Namun karena berasal dari kelas aset yang sama, harga emas Antam punya korelasi kuat dengan harga emas dunia.

Kenaikan harga emas Antam ‘mengekor’ kenaikan harga emas dunia yang kini sudah hampir menyentuh level US$ 1.950/troy ons. Fundamental emas memang kuat ditopang dengan suku bunga yang rendah, tren pelemahan dolar AS dan imbal hasil riil aset safe haven lain (obligasi pemerintah AS) yang negatif.

Ekspektasi inflasi tinggi juga menjadi sentimen yang mengerek harga emas mengingat fungsinya juga sebagai salah satu aset lindung nilai dari kenaikan harga. Namun kini emas punya saingan.

Investor tidak hanya ritel bahkan institusi mulai melirik Bitcoin sebagai alternatif aset lindung nilai terhadap inflasi yang tinggi. JP Morgan memproyeksikan untuk jangka panjang harga Bitcoin bisa tembus US$ 146 ribu.

Namun kenaikannya yang pesat dan selalu tembus rekor tertinggi baru belakangan ini memang rawan terjadi koreksi. Ketika harga Bitcoin dan saham ambles, maka investor akan lebih memilih emas sebagai aset lindung nilai terhadap kinerja investasi di aset lain.

Akibatnya harga emas bisa melesat lagi. Harga emas diproyeksikan bisa tembus ke level tertingginya di atas US$ 2.000 per troy ons tahun ini. Jika ramalan tersebut terjadi tak menutup kemungkinan harga emas Antam bisa balik ke Rp 1 juta per gram.

Sumber: CNBC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *