Categories
Berita

Peluang Beli: Emas Rebound Pekan Depan

HargaEmas.com – Analis melihat jatuhnya harga emas dalam akhir pekan ini sebagai peluang besar untuk membeli emas dikarenakan Amerika Serikat masih menghadapi kerusakan-kerusakan yang tersisa akibat pandemi Covid-19.

Rilis data dari Departemen Tenaga Kerja AS pada Jumat waktu setempat yang melaporkan kenaikan 2,5 juta pekerjaan non-pertanian pada bulan Mei langsung merontokkan harga emas dunia. Tingkat pengangguran untuk bulan yang sama dilaporkan berada di 13,3%. Bisa dibayangkan, emas anjlok $50 per ounce dalam waktu dua jam setelah rilis tersebut.

Dua angka yang melebihi ekspektasi analis menumbuhkan harapan akan pemulihan ekonomi yang lebih cepat di negeri Paman Sam tersebut. Pasar saham pun langsung merespon. Tiga indeks utama bursa saham di AS langsung terbang tinggi. Dow Jones melesat +3,15%, Nasdaq Composite naik +2,06% dan yang terakhir S&P 500 juga naik +2,62%.

Sementara itu, harga emas berjangka untuk pengiriman Agustus turun tajam ke level $1.686 per ounce atau turun 2,35 persen pada hari Sabtu pagi WIB.

Pasar wajar optimis akan pemulihan ekonomi yang mungkin bisa lebih cepat, akan tetapi analis memperingatkan bahwa masa-masa sulit masih berada di depan. Kenaikan jumlah pekerjaan masih akan berlanjut untuk beberapa bulan ke depan, akan tetapi kebijakan physical distancing di masa new normal membuat beberapa bidang usaha masih akan tetap terganggu sehingga tingkat pengangguran akan tetap tinggi.

Bart Melek, Kepala Strategi Global dari TD Securities, ikut menambahkan bahwa fase pertama pemulihan merupakan hal yang mudah, akan tetapi secara keseluruhan pemulihan ekonomi di AS tidak akan mulus dan cepat.

Lebih lanjut, Melek melihat adanya support yang kuat bagi emas di level $1.660-1.670 dan emas dunia akan rebound pada pekan depan. Melek mencatat penurunan besar yang terjadi pada akhir pekan lalu sebagai sebuah peluang yang bagus untuk membeli emas saat ini.

Satu faktor penting bagi emas adalah kekhawatiran dunia akan datangnya gelombang kedua virus corona. Dan apabila itu terjadi, maka banyak negara akan terpaksa menutup kembali ekonominya, dan pada akhirnya akan mendorong harga emas untuk bergerak naik.

Data yang Perlu Dicermati Pekan Depan

  • Rabu: Consumer Price Index (CPI) bulan Mei dan Pengumuman suku bunga oleh Bank Sentral AS Federal Reserve.
  • Kamis: Klaim pengangguran dan laporan PPI bulan Mei.

Untuk update harga emas hari ini, dan juga harga jual dan beli emas Antam, pantau terus laman depan HargaEmas.com »

2 replies on “Peluang Beli: Emas Rebound Pekan Depan”

Wah The Fed meeting hari Rabu. Perlu diingat nih Rabu jadi penentuan ke mana arah emas. Btw, itu hari Kamis ya buat kita di Indo 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *