Categories
Opini

Saran: Jangan Investasi Emas untuk Tujuan Jangka Pendek!

HargaEmas.com – Tak dapat dipungkiri bahwa emas menjadi primadona di tahun 2020 ini. Kenaikan harga emas yang luar biasa, terutama sejak pandemi Covid-19 merebak, menjadi pembicaraan di mana-mana. Sehingga kebanyakan orang tidak mau ketinggalan untuk segera berinvestasi di emas.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang tergiur untuk memulai berinvestasi emas, Anda tidak salah pilih karena harga emas memang cenderung terus naik. Akan tetapi, saat ini bukanlah saat yang tepat bagi Anda untuk berinvestasi emas untuk tujuan jangka pendek.

Dalam sebulan terakhir sejak emas mencetak rekor tertinggi di level $2.070 pada 7 Agustus 2020, harga emas bergerak dalam volatilitas tinggi. Artinya, dalam sehari emas dapat naik tajam dalam sekejap, dan beberapa saat kemudian turun tajam.

Bagi kita yang berada di Indonesia, harga emas Antam menjadi acuan harga jual dan beli emas. Coba perhatikan secara seksama grafik harga emas Antam pada bulan Agustus 2020 di bawah ini.

Pada tanggal 5 Agustus 2020, harga emas naik tajam sebesar Rp 19.000 dari Rp 1.029.000 menjadi Rp 1.048.000. Selanjutnya, pada tanggal 7 Agustus, emas naik tajam lagi sebesar Rp 11.000 dari Rp 1.054.000 menjadi Rp 1.065.000 yang merupakan rekor tertinggi harga emas Antam 1 gram.

Tetapi, apa yang terjadi pada tanggal 12 Agustus? Harga emas Antam turun tajam sebesar Rp 30.000 dari Rp 1.056.000 ke Rp 1.026.000. Demikian seterusnya, emas naik tajam dan kemudian turun tajam beberapa hari berikutnya (lihat grafik di atas).

Muhammad Hanif, Co-founder TanamDuit, mengatakan bahwa volatilitas harga emas sekarang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan saham. Untuk itu, Hanif menyarankan untuk menghindari emas untuk investasi short term.

Hanif juga tidak merekomendasikan emas digunakan sebagai investasi dana darurat dikarenakan investasi emas itu lebih lebih tepat untuk jangka panjang.

Mari berandai-andai. Seandainya, Anda membeli emas pada tanggal 1 Agustus 2020 di harga Rp 1.028.000 menggunakan dana darurat Anda. Dan, pada akhir bulan Anda kebetulan mempunyai kebutuhan mendesak yang menyebabkan Anda harus menjual emas tersebut.

Coba lihat berapa harga emas Antam di akhir bulan Agustus 2020? Yup, Rp 1.030.000. Yang berarti keuntungan yang diraih hanya dua ribu perak saja. Jadi kesimpulannya, emas hanya cocok untuk disimpan untuk tujuan jangka panjang.

Untuk memantau harga terkini emas dunia secara real time, serta harga jual dan beli emas batangan Antam, silahkan kunjungi halaman depan situs HargaEmas.com ยป Jangan lupa untuk share situs ini kepada teman dan keluarga Anda.

3 replies on “Saran: Jangan Investasi Emas untuk Tujuan Jangka Pendek!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *