Categories
Berita Opini

Tahan dari Krisis, Investasi Emas Masih Menjanjikan di Tahun Depan

Investasi emas dapat berupa emas batangan dan emas perhiasan

JAKARTA – Jaman dulu jauh sebelum manusia mengenal saham, obligasi dan reksadana, emas sudah lama digunakan sebagai sarana investasi dan menyimpan kekayaan. Emas menjadi aset favorit bagi masyarakat karena nilainya cenderung terus meningkat.

Dalam dunia investasi, emas dikenal sebagai aset safe haven, yaitu aset yang tidak berkaitan atau memiliki hubungan negatif dengan aset atau portofolio investasi lain.

2020 merupakan tahun yang sangat menarik. Ini karena banyak kejadian-kejadian membuat harga emas di Indonesia naik drastis dan kemudian perlahan turun hingga di akhir tahun.

Baca juga: Jelang Tutup Tahun, Emas Menunjukkan Tren Kenaikan

“Ini karena secara akumulatif nilai emas selalu meningkat dari waktu ke waktu. Apalagi pada tahun ini terjadi pandemi Covid-19 yang membuat beberapa negara harus membatasi aktivitas masyarakatnya,” ujar CEO and Co-Founder Tamasia Muhammad Assad dalam webinar Gold Investment Outlook, Selasa (29/12/2020).

Dia menuturkan, pandemi menimbulkan efek besar pada kegiatan ekonomi dunia karena melambatnya pertumbuhan ekonomi sehingga menimbulkan kekhawatiran akan adanya resesi.

“Masyarakat mulai sadar untuk mengamankan asetnya dengan memindahkan sebagian saham dan uang tunai ke dalam logam emas,” kata Assad.

Apakah tahun depan emas masih menjadi investasi yang menarik? “Ada alasan mengapa emas selalu menarik untuk investasi tahun depan. Di antaranya, karena emas adalah investasi jangka panjang, memiliki nilai investasi yang selalu naik, corona yang membuat perekonomian dunia yang belum pulih dan kenyataan bahwa emas adalah investasi yang mudah dan murah,” ujar Assad.

VP Business Tamasia, Associate Wealth Planner Rendy Alfuadi memberikan tips tentang financial planning. Menurutnya, sebuah keluarga sangat memerlukan perencanaan untuk berinvestasi guna mencapai sukses.

“Jangan sampai kita nanti menjadi atau makan tabungan yang akhirnya menjadi manset atau makan aset. Semuanya harus melalui perencanaan yang matang,” kata Rendy.

Sama seperti Assad, Rendy menilai investasi emas menjadi investasi yang sangat menjanjikan di tengah pandemi Covid-19. Bahkan, katanya, tahun depan emas tetap akan menjadi primadona dibandingkan bentuk investasi lainnya.

“Selain liquid, emas adalah aset lancar. Nah, sebagai aset lancar, emas mudah diuangkan dalam waktu dekat atau tidak lebih dari satu tahun. Ini berbeda dengan investasi lain,” ujarnya.

Sumber: iNews

One reply on “Tahan dari Krisis, Investasi Emas Masih Menjanjikan di Tahun Depan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *