Categories
Berita

Wadidaw, Pria Ini Barter Emas Batangan dengan Ikan Cupang Jenis Super Gold

Arief Suma Romadhoni menunjukkan emas batangan satu gram yang akan dibarter dengan ikan cupang jenis super gold milik Arniv Pratika (Foto: Kompas)

MADIUN – Keinginan memiliki sebuah barang terkadang membuat seseorang melakukan segala cara.

Hal itu dilakukan Arief Suma Romadhon, warga Kelurahan Pangangongan, Kota Madiun, yang rela membarter emas batangan seberat satu gram miliknya dengan empat ekor ikan cupang jenis super gold.

“Saya sangat tertarik dan ingin memiliki ikan cupang super gold, tetapi saya tidak memiliki uang tunai,” kata Arief saat berbincang dengan Kompas.

Arief membarter emas batangannya dengan empat ikan cupang milik Arnovian Pratikna, warga Kelurahan Sogaten, Kecamatan Taman, Kota Madiun.

Arief tak cuma mengoleksi ikan cupang jenis super gold itu. Ia hendak mengembangbiakkan ikan tersebut.

Harapannya, ikan tersebut segera bisa dikawinkan sehingga menghasilkan banyak anak ikan cupang.

Berawal dari unggahan di medsos

Arnovian menceritakan bagaimana kesepakatan yang terbilang unik itu terjadi. Awalnya, Arnovian yang merupakan pemilik usaha budidaya ikan cupang ini mengunggah dagangannya di media sosial.

Arief tertarik dengan unggahan ikan cupang jenis super gold yang dijual Arnovian. Mereka lalu berkomunikasi lewat telepon.

Dalam percakapan itu, Arief langsung menawar empat ekor ikan dibarter dengan emas batangan seberat satu gram.

Arnovian langsung setuju meski harga ikan cupang jenis super gold cukup mahal saat ini.

“Ikan cupang (jenis) super gold saat ini memang tergolong mahal. Untuk mendapatkan induknya, saya harus impor dari Thailand,” kata Arnovian.

Semenjak berjualan ikan cupang, pemuda ini mengaku baru pertama kali melakukan barter dengan emas batangan.

Dalam transaksi yang tak biasa itu, ia pun menyesuaikan jumlah ikan yang diberikan kepada pembeli.

“Saat itu harga emas batangan satu gram berkisar Rp 1 juta. Untuk itu saya memberikan empat ikan cupang dengan nilai yang sama dengan emas batangan itu,” kata Arnovian.

Meski begitu, ini bukan kali pertama Arnovian menemukan pelanggan yang rela menukarkan barang untuk ikan cupang “buruan” mereka.

Sebelumnya, Arnovian pernah mendapat pembeli dari Kota Malang yang menawarkan ponsel iPhone 6s Plus untuk ikan cupang yang dijualnya.

“Kalau transaksi unik ya baru dua kali ini. Kalau lainnya transaksi pakai uang baik tunai maupun non tunai,” kata Arnovian.

Setelah tawar menawar, Arnovian dan pembeli dari Malang itu sepakat satu ponsel tersebut ditukar dengan 100 ekor ikan cupang.

Baca juga: UBS Gold Luncurkan Logam Mulia Edisi Disney

Sumber: Kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *