Categories
Berita

Warren Buffett: Beli Emas dan Bersiap akan Kehancuran Pasar Saham

Warren Buffett beli emas (Foto: WireImage / Daniel Zuchnik)

NEW YORK – Dalam keterbukaan informasi kinerjanya di kuartal 2/2020 pada Agustus lalu, Berkshire Hathaway milik Warren Buffett mengungkapkan bahwa Oracle dari Omaha membuat beberapa keputusan besar dengan portofolio investasinya.

Artikel yang dilansir dari The Motley Fool lebih menyoroti pada investasi Buffett di Kanada yang diungkapkan dalam keterbukaan tersebut. Diketahui, Warren Buffett membeli lima juta saham tambahan Suncor Energy untuk meningkatkan posisinya di raksasa sektor energi Kanada.

Keterbukaan tersebut juga mengungkapkan Warren Buffett menjual seluruh sahamnya di Restaurant Brands International. Terakhir, Oracle of Omaha membuat langkah mengejutkan dengan berinvestasi besar-besaran di Barrick Gold.

Buffett membeli emas

Meskipun ketiga langkah tersebut mengejutkan investor, keputusan Warren Buffett untuk bertaruh pada emas adalah yang paling membingungkan bagi investor yang mengikuti karier investasinya dengan cermat.

Bagi mereka yang mengetahui, Warren Buffett telah menikmati banyak kesuksesan sepanjang karirnya selama beberapa dekade tanpa pernah berinvestasi di logam kuning. Ini menjadi momen yang langka terjadi.

The Motley Fool mengatakan, Warren Buffett telah memiliki kesan negatif terhadap emas. Warren Buffett menilai, emas tidak memiliki nilai riil selain industri perhiasan. Hingga pada akhirnya Warren Buffett membeli saham Barrick, dia tidak pernah berinvestasi di perusahaan tambang emas atau emas.

Di sisi lain, emas sangat dianggap sebagai aset safe-haven di seluruh dunia. Tampaknya investor legendaris mulai menanggalkan kesan negatifnya terhadap emas, karena itulah keputusan paling praktis yang harus dibuat.

Warren Buffett mungkin memprediksi kehancuran pasar saham besar-besaran. Sehingga, bertaruh pada emas sangat ideal untuk memanfaatkan situasi yang terbaik.

Sejauh ini, investasi emas Warren Buffett tampaknya membuahkan hasil yang baik bagi Oracle Omaha. Harga emas telah melonjak karena turbulensi di pasar saham.

Valuasi saham penambang emas mencapai ketinggian yang lebih tinggi, dan Barrick Gold mengungguli harga emas dan saham pertambangan emas lainnya.

Banyak yang percaya bahwa emas masih bisa terus rally. Harga emas yang lebih tinggi kemungkinan akan meningkatkan pendapatan penambang emas untuk beberapa kuartal.

Barrick Gold melaporkan laba penyesuaian yang luar biasa pada kuartal sebelumnya senilai US$ 726 juta, naik 78% berdasarkan basis tahun ke tahun. Laba penambang emas melampaui ekspektasi analis yang memprediksi kenaikan 25%.

Melansir The Motley Fool, Barrick adalah salah satu penambang emas terbesar di dunia. Ia juga memiliki salah satu operasi penambangan emas paling efisien di industri. Masuk akal jika Warren Buffett memutuskan untuk berinvestasi di saham ini.

Warren Buffett mungkin masih tidak menyukai logam kuning yang mendorong keuntungan Barrick. Namun, fundamental Barrick kuat, dan memiliki neraca yang kuat yang menjadikannya investasi yang menarik selama masa-masa sulit ini.

Bullish terhadap emas

The Motley Fool memberitakan, sangat jelas bahwa Warren Buffett memiliki sikap bullish terhadap penambang emas dan emas saat ini.
Namun, perlu diingat bahwa harga emas merupakan faktor utama dalam berinvestasi di saham emas. Bermain komoditas bisa berisiko jika ada variabel tak terduga yang terlibat.

Harga emas bisa naik nilainya jika terjadi kejatuhan pasar lagi, tetapi bisa turun jika situasinya membaik.

Penurunan harga emas yang drastis menuju level pertengahan siklus dapat membuat investor Barrick Gold mengalami kerugian besar.

Dengan harga emas yang hampir mencapai US$ 2.000 per troi ons, pihak yang bearish terhadap emas meyakini bahwa ketidakstabilan harga emas sangat tinggi saat ini.

Jika ada perkembangan positif dengan pandemi global, sentimen tersebut bisa meningkatkan perekonomian secara keseluruhan. Akibatnya bisa jadi penurunan harga.

Baca juga: Vaksin Moderna Bikin Harga Emas Turun, Investor Beralih ke Saham

Investasi Warren Buffett di Barrick tidak diragukan lagi menginspirasi kepercayaan investor terhadap kinerja penambang emas dan emas seperti Barrick. Namun, The Motley Fool menyarankan Anda untuk berhati-hati.

Sumber: Kontan

4 replies on “Warren Buffett: Beli Emas dan Bersiap akan Kehancuran Pasar Saham”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *